Selamat Datang di Blog Saya

mari berbagi ilmu melalui blog

Kamis, 17 Maret 2011

Dasar-Dasar Grafik 2D

MENGGAMBAR OBJEK GEOMETRIS SEDERHANA
Java 2D™ API menyediakan beberapa kelas yang mendefinisikan objek geometris umum seperti titik, garis, kurva, dan persegipanjang. Kelas geometri ini adalah bagian dari paket java.awt.geom.

Catatan:
Kelas Arc2D mendefinisikan 3 (tiga) tipe busur, ditunjukkan dengan konstanta yang menyertai dalam kelas ini: OPEN, PIE, dan CHORD.

GEOMETRI BIDANG KONSTRUKTIF
Satu cara untuk membuat bentuk lebih kompleks adalah dengan mengkombinasikan beberapa bentuk sebelumnya (objek geometri). Cara ini dikenal sebagai geometri area konstruktif (constructive area geometry). Kelas Area didesain untuk menghasilkan geometri area konstruktif. Empat operasi yang didukung adalah: union, interseksi, pertidaksamaan, pertidaksamaan geometris. Operasi ini dilakukan pada wilayah dua bidang, menghasilkan bidang baru. Objek Area dapat dibangun dari semua objek Shape menggunakan konstruktor berikut::
void add(Area a)
void intersect(Area a)
void subtract(Area a)
void exclusiveOr(Area a)
Listing berikut menunjukkan sebuah program yang mendemonstrasikan efek dari empat operasi geometri area konstruktif. Dua bentuk dikombinasikan menggunakan empat operasi untuk menghasilkan empat bentuk baru.

Untuk contoh listing dan file lengkapnya silahkan klik disini>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar